PERTEMUAN PEMBAHASAN HASIL PEMETAAN PERAWAT KLINIS

Pertemuan di ruang karyawan, Foto : dr. Adi. H

Setelah jam istirahat yaitu pada pukul 13.15 Wita dilaksanakan acara pembahasan tentang hasil Pemetaan Perawat Klinis UPT Puskesmas Guntung, kegiatan ini diadakan oleh tim kredensial Puskesmas dalam hal ini dibawakan oleh Azhar. A, S.Kep., Ns beserta dr. Adi Huspiansyah yang juga sebagai anggota tim kredensial menggantikan Ketua tim yaitu Bapak M. Halim, S.Sos yang berhalangan hadir karena ada acara di Kecamatan Amuntai Utara.

Dalam kegiatan ini dipaparkan dari hasil survey yang sudah dibagikan sebelumnya, landasan kegiatan ini sendiri adalah dari Permenkes No. 40/2017 tentang Pengembangan Jenjang karir Perawat Profesional.

foto : dr. Adi.H

Sebelum hasil diperlihatkan maka pelaksana kegiatan memberikan gambaran tentang kegiatan pemetaan ini baik landasan dan pentingnya kegiatan ini terkait kompetensi dan kewenangan klinis bagi Perawat yang dibagi dalam 5 level Perawat Klinis. Dalam hasil yang didapat dari survey yang dibagikan setelah dianalisis maka didapatkan jumlah dari 10 orang Perawat yang ada di level Perawat Klinis II (PK II) adalah sebanyak 3 orang dan 7 Orang Perawat lainnya berada pada Perawat Klinis III (PK III).

Foto : dr. Adi

Jenjang level ini sendiri dibagi dalam 2 yaitu yang ada pada Rumah Sakit dan Puskesmas, hal itu pun untuk Puskesmas dibagi lagi baik Perawat baru dan Perawat Lama. Berdasarkan hasil yang ada di atas maka setiap Perawat akan menerima daftar kompetensi klinis pada masing-masing level PK, sehingga seharusnya tidak ada tumpang tindih dalam pelaksanaan kegiatan sebagai Perawat Profesional yang diharapkan dari Permenkes No. 40/2017.

Foto : Azhar.A

Data ini setelah direkapitulasi maka akan diarsipkan dalam catatan tim kredensial UPT Puskesmas Guntung, sehingga apabila ada tim yang berwenang untuk melaksanakan kredensialing yang di atur oleh Dinas Kabupaten/Kota sesuai amanah Permenkes No. 40/2017 maka hasil ini akan dapat diajukan ke tim untuk di asessmen untuk mendapatkan kewenangan klinis serta penugasan klinis di area praktik komunitas.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.