PERTEMUAN ANALISIS DAN PEMANFAATAN DATA SURVEILANS TINGKAT PROVINSI KALIMANTAN SELATAN TAHUN 2020

Oleh : Achmad Fatahillah, S.Gz

Editor: Azhar. A

Foto : Ach. Fatahillah

Dalam upaya pemantapan dan pembinaan program perbaikan gizi di Kalimantan Selatan melalui surveilans gizi termasuk pemantauan pertumbuhan dan perkembangan terintegrasi dengan pemberian vitamin A serta dalam rangka konvergensi program percepatan pencegahan stunting, salah satu cara adalah melalui penguatan analisis dan pemanfaatan data surveilans gizi di desa baik oleh lintas program maupun lintas sektor terkait.

Saat pertemuan Foto : Ach. Fatahillah

Sehubungan dengan hal tersebut, Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan Pertemuan Analisis dan Pemanfaatan Data Surveilans Gizi Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2020 pada hari senin sampai kamis tanggal 3 sd 6 februari 2020 di hotel Mercure jl. A.Yani Km 2 No. 98 Banjarmasin. UPT Puskesmas Guntung yang merupakan salah satu Puskesmas yang ada di kab. Hulu Sungai Utara mengirimkan 1 orang peserta atas nama Achmad Fatahillah, S.Gz untuk menghadiri pertemuan tersebut.

Pertemuan Analisis dan Pemanfaatan Data Surveilans Gizi Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2020 ini merupakan kegiatan lanjutan dalam pemanfaatan data surveilans serta analisis data dari kegiatan pelaporan E-PPGBM (Elektronik Pencatatan Pelaporan Gizi berbasis Masyarakat) yang telah dilakukan di tahun 2019. Dalam pertemuan ini data yang ada akan dibuat buku saku / diseminasi data surveilans gizi dan setelah itu dilakukan analisa pemanfaatan data surveilans gizi.

Penampilan data Foto : Ach. Fatahillah

Setelah didapatkan data maka akan dilakukan perencanaan intervensi serta rekomendasi penanggulangan masalah sesuai faktor domain yang terlihat dan perbaikan gizi bersama lintas program dan lintas sektor terkait. Melalui kegiatan ini diharapkan semua pengelola E-PPGBM dapat memanfaatkan data surveilans yang ada di E-PPGBM bersama lintas program dan lintas sektor terkait dalam penanggulangan masalah gizi seperti kasus underweight, stunting dan wasting.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.