PELATIHAN KONSELING PEMBERIAN MAKAN BAYI DAN ANAK (PMBA) UNTUK PUSKESMAS DI KAB/KOTA PRIORITAS STUNTING

Foto: Dok. penulis

Penulis: Ach. Fatahillah. S.Gz

Editor: Azhar.A

Dalam rangka perbaikan gizi masyarakat khususnya stunting di Provinsi Kalimantan Selatan dan sebagai salah satu intervensi spesifiknya yaitu pemberian makan bayi dan anak (PMBA) secara adekuat. Sehubungan dengan hal tersebut, Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan mengadakan peningkatan kapasitas petugas kesehatan dalam konseling PMBA melalui Pelatihan Pemberian Makan Bayi dan Anak Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2020.

 

foto : dok. penulis

Kegiatan pelatihan ini dilakukan selama 5 hari mulai tanggal 24 – 28 februari 2020 di Bapelkes Jl. H. Mistar Tjokrikusumo No. 5A Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan. Tujuan pelatihan ini untuk membekali tenaga kesehatan dengan pengetahuan, keterampilan dan alat bantu untuk mendukung ibu, ayah, dan pengasuh dalam meningkatkan praktik pemberian makan kepada bayi dan anak serta ibu hamil secara optimal yang difokuskan pada pemantauan pertumbuhan.

Pelatihan ini memiliki filosofi dalam penyelenggaraannya, yaitu :

  1. prinsip andragogi, yaitu selama pelatihan peserta berhak untuk : Didengarkan dan dihargai pengalamannya dalam melaksanakan konseling PMBA, dipertimbangkan setiap ide dan pendapatnya yang berkaitan  dengan   kegiatan pelatihan, tidak dipermalukan, dilecehkan atau diabaikan        keberadaannya.
  2. Berbasis Kompetensi
  3. Belajar sambil melakukan (learning by doing), atau berkesempatan melakukan eksperimen dan melakukan pengulangan atau perbaikan yg dirasa perlu.
  4. Berorientasi kepada peserta.
Foto: dok. Penulis

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan yang bekerjasama dengan Bapelkes. Untuk peserta kegiatan ini berjumlah 12 orang dari 3 kabupaten yaitu, Hulu Sungai Utara, Tanah Bumbu dan Tabalong.

Dengan pelatihan ini pada akhir petugas mampu melakukan konseling pemberian makan bayi dan anak di wilayah kerjanya masing-masing serta bisa menjadi promotor kesehatan.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.